sdv

Rabu, 04 Januari 2012

info-info SNMPTN

Apa sih, SNMPTN itu??
SNMPTN alias Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negri, dulu sih namanya  macam-macam dari SIPENMARU terus ganti menjadi UNMPTN ( Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negri ) lalu SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ) dan akhirnya menjadi  SNMPTN.  SNMPTN adalah kegiatan disaat kamu diseleksi menjadi calon mahasiswa untuk memasuki Perguruan TinggiNegri di tingkat Nasional dengan pola ujian tulis dan ujian keterampilan  khusus bagi program studi tertentu misalnya, FSRD  ( Fakultas Seni Rupa dan  Desain).

SNMPTN diselenggarakan secara serentak dan terpadu pada jam dan hari yang sama dengan soal yang sama di seluruh PTN  di indonesia sehingga peserta diharapkan dapat memilih lokasi yange terdekat dengan penyelenggaraan kegaiatan seleksi tersebut. Penyelenggaraan selesi ini dilaksanakan oleh SNMPTN  di kota-kota yang strategis tempat perguruan tinggi ngeri itu berada dan semua ingin menjafi mahasiswi di PTN  favourit seperti ITB atau  UI atau UGM. 
Nah, buat kamu yang belum tahu, nanti kamu akan memilih program pilihan yaitu,  IPA, IPS, dan IPC.  Proses pengolahan hasil dilakukan  secara terpadu di beberapa wilayah yang ditentukan. Program studi pilihanpertama menjadi prioritas penerimaan di PTN  yang dipilih, apabila pilihan pertama sudah penuh, maka pilihan jatuh pada pilihan kedua, begitu juga untuk IPC  yang dapat mengisi pilihan ketiga. Penerimaan calon mahasiswi melalui seleksi ini terbatas pada daya tampung masing-masing program studi. jadi kalau
 nilai kamu jeblok  *ohh tidak* dan daya tampungnya sudah terisi, kamu tidak akan diterima. Makannya ayo berlatih soal dengan Semangat.


 Apa Persyaratan ikut SNMPTN??

Buat kamu yang mau ikutan test ini, kamu harus tahu persyaratannya...
1. Lulusan SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara
2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak menganggu kelancaran prosebelajarnya di Perguruan
    tinggi.
3. Bagi calon peserta paket C harus menyerahkan fpotocopy raport tiga tahun terakhir
4. Tidak buta warna  bagi program studi tertentu.


Kapan SNMPTN itu dilaksanakan??
 SNMPTN biasanya dilaksanakn setiap bulan  juli dan diumumkan setiap bulan agustus. Dilaksanakn selama dua hari pertama "TES KEMAMPUAN DASAR" , hari kedua "TES KEMAMPUAN  IPA/IPS/IPA/ dan IPS" tergantung pemilihan program IPA, IPS atau  IPC.



Demikian info-info yang saya berikan, mohon maaf jika ada salah kata,,
wassalam :) 



jangan cman nyepan tapi komen.. terimakasih ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar